Kamis, 14 Mei 2009

polwan


Jakarta - Warga Ibu Kota, terutama pengguna jalan, pada Senin (21/4) akan mendapat pemandangan unik. Kegiatan mereka berlalu lintas maupun di bidang keamanan akan dilayani dengan senyum ramah dari petugas polwan. Yang menarik, mereka akan mengenakan pakaian adat saat bertugas. Wih!


Personel polwan akan disebar di berbagai tempat di Jakarta dengan jumlah sekitar 250 orang. Mereka akan ditempatkan di sejumlah jalan utama Jakarta, seperti Jl Sudirman, Thamrin, hingga Harmoni.

"Kita bukan untuk melakukan show of force, tapi ini sebagai ajang untuk menujukan bahwa Polwan memliki kemampuan yang sama polisi pria," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya AKBP Chrisnanda kepada INILAH.COM, di Jakarta, Selasa (21/4).

Menurutnya, dari semua Polwan yang diturunkan hari ini akan ada pembagian tugas. Antara lain, pengawasan dan pengayoman, lalulintas, patroli dan pengawalan. "Dalam konteks ini kita jadi bervariasi. Tidak membedakan kemampuan yang dimilki berdasarkan gender. Karena Polwan juga memiliki kemampuan yang sama dengan polisi pria," katanya.

Untuk yang berpakaian adat, seperti kebaya, jelasnya, lebih didasarkan kepada tugas yang dilakukan. Jika memang memungkinkan untuk berpakaian adat, maka polwan yang bersangkutan akan memakainya, seperti petugas lalu lintas di titik-titik tertentu.

"Tidak semua berpakaian adat. Karena kalau dia bertugas untuk patroli dan pengawalan kan tidak mungkin kalau pakai kebaya. Lagian, kan ini bukan hari pakaian adat. Jadi, yang penting itu bukan pakaiannya, tapi lebih menunjukan profesionalisme kinerja kepolisian," imbuhnya. [mut/nuz]

0 Comments:

Post a Comment



videO MbOizz

By :
Free Blog Templates